Senin, 21 Januari 2013

7 makanan Yang Baik Untuk Pencernaan

Untuk urusan makanan, kebanyakan orang tidak terlalu peduli akan kandungan vitamin dan gizi yang terdapat didalamnya.  Padahal jika orang sembarangan dan tidak mau kompromi akan makanan yang konsumsinya bisa berdampak buruk pada sistem pencernaan. Sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih jenis makanan yang bai bagi kesehatan pencernaan, yang terpenting adalah makanan yang Kita konsumsi tidak menimbulkan gejala ataupun keluhan. Tak sedikit dari makan yang beredar di pasaran menggunakan bahan pewarna, bumbu penyedap dan pengawet yang tidak di ajurkan oleh dokter.

Namun kali ini Saya akan memberikan sedikit bocoran tentang 7 jenis makanan yang bagus untuk sistem pencernaan.

1. Makanan dari sayur dan buah
Makanan ini adalah sebagai salah satu sumber serat yang sangat penting bagi pencernaan karena bisa memperlancar sistem kerja pencernaan dan juga pembuangan. Beberapa dokter menyarankan, dalam setiap hari Kita harus mengkonsumsi serat sebanyak 20 – 30 gram, karena hal itu setara dengan 5 -7 sajian buah dan sayuran.

2. Biji-bijian yang utuh
Sebenarnya untuk biji-bijian ini sangat banyak macamnya loh, namun ada 2 jenis biji-bijian yang sangat bangus untuk sistem pencernaan Anda. 2 jenis biji-bijian yang bagus untuk sistem pencernaan adalah beras merah dan juga gandum, bahkan untuk jaman sekarang sajian dari beras merah dan juga gandun sangat banyak macamnya dan tidak perlu repot lagi untuk menyajikannya (instan).  Namun saran ini juga sangat di acuhkan oleh mereka yang di vonis mempunyai penyakit kronik (sakit celiak dan sensitif pada gluten).
3. Buah pisang
Sebenarnya segala macam buah baik untuk pencernaan, tapi buah yang sangat di anjurkan untuk di konsumsi adalah pisang. Pisang ini sangat di anjurkan karena tidak mengiritasi bagian perut dan buah pisang ini juga sangat cocok untuk orang yang sedang menderita sakit diare, mual dan muntah.

4. Air jernih
Air merupakan salah salah satu bagian yang sangat penting dalam dunia ini untuk kelangsungan kehidupan mahluk hidup. Namun karena faktor cuaca, pembangunan dan pembabatan hutan yang tidak terkontrol membuat cadangan air berkurang dan bahkan membuat air jadi kotor. Konsumsi air bersih yang cukup sangat baik bagi pencernaan yang sehat.

5. Herbal (jahe)
Kita harus bangga dengan negara Indonesia, karena untuk bahan herbal dunia masih mengambil rempah-rempah di negara kita. Salah satu herbal yang sangat bersahabat bagi perut untuk sistem pencernaan adalah jahe. Jika Anda mengalami gangguan pada sistem pencernaan adalah dengan rajin mengkonsumsi teh jahe.


6. kandungan probiotik
sebaiknya dalam memilih produk makanan harus yang mengandung bakteri hidup (probiotik) karena bisa mengembalikan keseimbangan bakteri jahat dalam usus. Produk yang mengandung probiotik terdapat pada yogurt dan juga kefir.

7. Kandungan prebiotik
Kandungan prebiotik banyak tedapat dalam biji-bijian, bawang, asparagus dan juga kacang lentil. Makanan yang mengandung prebiotik sangat diperlikan oleh bakteri baik dalam tubuh.

Jadi sebaiknya mulai sekarang Anda harus bijak dalam memilih makan yang bersahabat bagi pencernaan Anda. Hindari makan pedas, alkohol, kafein, soda, ataupun yang mengandung lemak jenuh tinggi karena bisa memicu gejala refluks serta rasa nyeri pada tenggorokan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar