Senin, 21 Januari 2013

Sirup Jambu Biji Untuk Pengobatan

Mungkin semua orang tau akan buah ini yang sang sangat bermanfaat, mulai dari batang, daun,sampai buahnya. Batangnya dapat dijadikan  sebagai kayu bakar,sedangkan daunnya dapat direbus dengan air yang dapat digunakan untuk sakit perut. Selain itu juga jambu biji kaya akan vitamin  A dan  C,bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji ini melebihi  vitamin C yang ada pada jeruk. Jambu biji juga sering disebut dengan jambu kulutuk yang bermanfaat bagi proses penyembuhan para penderita demam berdarah.


Jambu biji ini juga terdiri dari beberapa jenis, di antaranya yang terkenal adalah jambu klutuk, jambu sukun, jambu bangkok, jambu citayem dan masih banyak lagi.  Namun kali ini saya akan berbagi tips cara membuat sirup jambu biji.  Untuk pembuatan sirup jambu biji ini sebaiknya menggunakan jenis jambu klutuk karena memiliki buah yang berwarna merah,aroma  yang lebih harum, serta rasa yang lebih manis dari pada jambu  sukun atau jambu bangkok.

Siapkan bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat  sirup jambu biji ini :
1. Siapkan 4 kg jambu yang berkualitas dan tidak cacat
2. Gula pasir sebanyak 3,5 kg
3. Putih telur sebanyak 2 butir
4. Air matang sebanyak 2,5 liter.

Potong – potong  jambu biji  menjadi seukuran dadu,rebus sampai  mendidih. Setelah dingin saring air rebusan  disaring untuk  memisahkan ampasnya untuk kemudian dicampur  dengan putih telur yang telah disediakan tadi diaduk hingga timbul puih – puih telur mengambang di permukaan,sebagai tanda bahwa  kotoran yang terdapat  pada zat putih telur  keluar.

Setelah selesai proses pemasakan dan gula telah larut dengan sempurna, angkat dan dinginkan larutan. Selama proses pendinginan ini proses proses penggumpalan kotoran oleh  putih akan terus berlangsung. Untuk hasil yang lebih optimal diamkanlah larutan atau air rebusan diamkan selama 24 jam .Jika proses pendinginan telah selesai,saring lagi larutan yang tadi dengan kain saringan bersih hingga butiran kotoran yang telah digumpalkan karena putih telur tidak terbawa.

Apabila proses penyaringan ini agak sulit,penyaringan dapat dilakukan sambil ditekan  atau diperas dalam kain sarung yang bersih dan higenis.
Jika Anda  ingin melakukan pengawetan sirup jambu ini kedalam botol, yaitu dengan cara pasteurisasi. Yaitu dengan cara botol yang telah di isi dan di tutup tadi direndam dalam air mendidih selama 30 menit. Kemudian angkat dan letakan secara tebalik selama 15 menit. Bila terjadi pembesaran atau  ada cairan yang keluar,pasteurisasi Anda tidak berhasil karena tutup yang belum rapat. Untuk itu,proes pasteurisasi harus anda ulangi.

Semoga tips Saya ini berguna untuk kesehatan Anda sekeluarga dan mungkin akan jadi peluang usaha Anda kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar