Senin, 21 Januari 2013

7 Penyebab Timbulnya Uban Di Usia Muda?

 Sebenarnya uban adalah kata lain dari rambut yang sudah memutih. Namun pada jaman sekarang uban atau rambut putih hadir pada orang yang belum pada waktunya. Biasanya uban hadir pada saat memasuki usia tua, namun pada jaman sekarang hal itu tidak berlaku lagi. Uban suka menyerang pada mereka yang masih remaja, semua ini mungkin karena dari banyak faktor (shampo, pola makan dan juga faktor udara). Sebenarnya penuaan tidak hanya pada kulit wajah saja, namun penuaan bisa terjadi pada rambut juga.


Berikut ini Saya kasih bocoran penyebab uban hadir pada usia muda

1. Rambut jarang diberi vitamin
Banyak orang yang tidak sadar, kalau nutrisi yang di makan setiap harinya kadang-kadang idak mencukupi asupan gijinya. Karena jika asupan gizi tidak terpenuhi bisa berefek anemia atau kondisi dimana tubuh kekurangan zat darah merah. Dampak lain yang di akibatkan dari anemia ini adalah tubuh tidak bisa menghisap vitamin B secara optimal. Kekurangan vitamin B bisa mempengaruhi gangguan pigmenndi rambut.


2. Kelainan pada kelenjar tiroid.
Berdasarkan sebuah hasil penelitian dari sebuah Universitas, kelainan pada kelenjar tiroid menyebabkan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal inilah yang dapat memicu gejala hipotiroid. Hipotiroid merupakan salah satu zat yang merangsang terjadinya uban sebelum pada waktunya. Apabila Anda pernah memilik cerita tentang gejala tersebut maka segeralah konsultasi dan melakukan pengecekan.


3. Rambut kurang cairan sebum
Pada saat rambut Anda kurang cairan sebum yang berguna untuk melembabkan secara alami sehingga rambut berubah warna menjadi kering, kasar, kusam dan  menjadi putih. Kekurangan bermacam mineral dan juga zat besi adalah salah satu faktor penyebab produksi sebum menjadi sangat berkurang.

4. Pola hidup yang tidak sehat
Pola hidup yang tidak sehat sangat mempunyai peran penting dalam kehidupan Manusia. Pola hidup yang tidak sehat adalah seperti merokok, jarang berolahraga dan meminum alkohol merupakan salah satu faktor tumbuhnya uban secara sangat cepat. Baru-baru ini sebuah penelitian di Amerika menemukan fakta, bahwa seseorang yang merokok akan lebih beresiko 4 kali lipat tumbuh uban dari pada Mereka yang tidak merokok.

5. Sering gonta-ganti shampo
Kebanyakan orang semaunya dalam memilih shampo karena hasil yang di dapat tidak memuaskan dan merasa kesal dengan hasil yang lama dari shampo tersebut. Padahal jika pemilhan shampo terlalu sering diganti-ganti merupakan salah satu penyebab timbulnya uban secara cepat.

6. Sering gonta-ganti minyak rambut
Untuk minyak rambut sekarang sangat banyak sekali merknya, maka tak heran setiap orang penasaran dan mungkin juga termasuk Anda yang selalu penasaran mencoba hal baru, termasuk minyak rambut.

7. Faktor keturunan
Untuk alasan yang satu ini tidak akan bisa Anda tolak. Sebagian orang mempunyai kelainan genetik yang memicu sel-sel memproduksi zat melamin (pigmen rambut) berhenti. Damapaknya adalah tumbuh uban secara lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar