Senin, 21 Januari 2013

Belimbing Asam Menyembuhakan Berbagai Penyakit

Tanaman yang satu ini banyak manfaat dan Khasiatnya untuk mengobati segala macam penyakit mulai dari yang ringan bahkan sampai penyakit yang kronis. Bahkan nama sebutan untuk belimbing ini sangat banyak istilahnya karena pohon belimbing asam ini bisa tumbuh dimana berbagai tempat, cuaca, dan tekstur tanah yang berbeda. Bahakan untuk orang sunda banyak menyebutnya dengan nama balingbing bulu atau balingbing cina.

Buah belimbing asam ini memiliki rasa yang sangat begitu asam,maka tak heran banyak orang menyebutnya dengan belimbing asam.  Walaupun rasa buah yang begitu asam,namun tahukah Anda ada banyak manfaat dan khasiat dari pohon ini untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari bagian daun,bunga dan buah. Ini dia sifat kimia dan efek farmakologis  yang terkandung dari buah belimbing asam, rasa asam, sejuk. Menghilangkan sakit (analgetik), memperbanyak pengeluaran empedu, anti radang, peluruh kencing, astringent. Kandungan Kimia: Batang: Saponin, tanin, glucoside, calsium oksalat, sulfur, asam format, peroksidase. Daun: Tanin, sulfur, asam format, peroksidase, calsium oksalat, kalium sitrat.

bunga belimbing asam ini bentuknya kecil dan tumbuh langsung dari batangnya sedangkan untuk bentuk buah belimbing asam ini bentuknya lonjong serta tekstur buah yang berair dan agak sedikit kasar. Khasit pertama yang dari buah belimbing adalah mengobati berbagi penyakit kulit . penyakit yang pertama ialah jerawat cara pembuatannya adalah  ambil satu buah belimbing asam secukupnya dicuci lalu ditumbuk halus, hasil tumbukan diremas dengan air garam. Hasil remasan belimbing asam dioleskan pada muka yang berjerawat dan intuk pemakaiannya lakukan 3 kali sehari. Penyakit kulit lain yang bisa disembuhakan adalah panu sedangkan untuk pengobatannya adalah sediakan 10 biji belimbing asam yang telah dicuci kemudian di tumbuk hingga halus dengandi tambahkan  kapur sirih sebesar biji asam. Sedangkan cara pemakaian ramuan ini adalah dengan menggosokan hasil tumbukan pada bagian kulit yang terkena panu.

Khasiat lain dari belimbim asam ini adalah untuk berbagai penyakit tenggorokan. Seperti sariawan, ambil segenggarn bunga belimbing asam, gula jawa secukupnya dan 1 cangkir air direbus sampai kental. Setelah dingin disaring, dipakai untuk membersihkan mulut dan mengoles sariawan. Sedangkan cara selanjutnya adalah dengan meminum air hasil rebusan caranya pun hampir sama namun untuk ramuan ini tidak dicampur dengan gula jawa saran penyajiannya adalah Anda ambil  2/3 genggam bunga belimbing asam, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum dan untuk hasil yang sempurna Anda di sarankan minum ramuan ini sehari 3 kali sebanyak 3/4 gelas.

Penyakit lainnya yang bisa diobati dengan belimbing asam adalah tekanan darah tinggi. Penyakit darah tinggi ini banyak menimpa semua orang dan faktor penyebab tekanan darah tinggi ini pun  sangat banyak sekali mulai dari pola makan,aktivitas yang padat dan serta beban pikiran yang begitu banyak. Pengobatan tekanan darah tinggi bisa di lakukan dengan rajin memakan langsung buah belimbing asam tanpa melalui proses apapun. Silahkan Anda mencobanya dan tak akan ada efek samping yang ditimbulkan selesai makan buah belimbing asam ini.

Sebenarnya masih banyak lagi khasiat dari pohon belimbing ini mulai dari buah, bunga sampai daunnya.

Semoga tips Saya ini  tentang aneka khasiat belimbing asam ini bermanfaat untuk mengobati penyakit ringan atau penyakit kronis  yang mungkin sedang Anda derita saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar