Senin, 21 Januari 2013

Trik Sehat Berinternet Buat Anak

Pada jaman sekarang, kemajuan teknologi sangat maju  bahkan saling bersaing. Sebenarnya kemajuan teknologi memiliki dampak  yang baik dan buruk, tergantung pada orang yang menggunakannya. Sebut saja, instagram, facebook, twitter dan masih banyak lagi sarana internet sebagai penghubung informasi.Selalu saja ada hal yang baru dalam internet, maka tak heran jika kita melarang anak untuk merambah dan mengenali dunia teknologi (internet) supaya tidak gaptek. Sebagai orangtua, pasti Anda ingin anak Anda melek  pada dunia internet untuk mengupdate berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat selain bimbingan di sekolah.


Namun sebagai orangtua, Anda juga harus selalu mengontrol dan memberikan bimbingan kepada anak agar mereka tahu tentang batasan dalam bermain internet.  Tenang, walaupun begitu Anda tidak perlu menjadi master teknologi untuk menjadi pembimbing pada anak-anak saat menggunakan internet.
Berikut adalah trik agar anak Anda berinternet secara sehat


Cek Situs Sosial Anak Anda

Sebenarnya aplikasi game sampai musik adalah sebuah komponen yang memiliki hubungan sosial pada perkembangan anak. Pada jaman sekarang pihak orangtua suka ketinggalan info dan pengetahuan tentang berinternet dibandingkan dengan anaknya. Misalnya, facebook, chatting, twitter dan masih bayak lagi. Sebaiknya Anda sebagai orangtua meminta mereka untuk menunjukan situs apa saja yang telah dikunjungi, tentu saja dengan cara yang halus. Pastikan lagi jika anak Anda mengetahui aturan dalam menjelajah dunia internet dengan sehat.


Berikan Pengarahan Pada Anak Dengan Perhatian.
Nah untuk yang satu ini (perhatian) sangat penting dalam hubungan anak dan orangtuanya, cara mudah untuk mendekati anak ketika bermain internet adalah dengan meminta mereka untuk menceritakan tentang pengalaman saat bermain game. Sebaiknya kesempatan ini Anda manfaatkan untuk lebih dekat dengan anak Anda supaya bisa mengetahui game apa saja yang mereka kalahkan (selesaikan).


Berbagi Hobi Musik

Musik adalah satu pengalaman individual bagi penikmatnya baik yang di putar dalam MP3 player, tape , radio, hanphone dan masih banyak lagi. Tapi coba Anda kurangi kebiasaan mendengarkan musik ini antara Anda dan anak Anda. Coba Anda tanya pada teman-teman anak Anda tentang  judul lagu, gruop band, dan penyanyi idolanya masing-masing. Obrolan tentang musik bisa jadi salah satu cara Anda untuk mendekati anak Anda dengan menjadi pendengar yang baik biar menghasilkan suatu obrolan yang nyaman.


Fitur Canggih Situs Youtube

Untuk situs yang satu ini sangat banyak diminati oleh semua kalangan, dari anak-anak sampai dengan yang tua. Meski begitu, kita semua selaku orangtua harus tahu di situs ini banyak sekali sajian tanyangan yang tidak sesuai dengan umur anak Anda. Melarang dan membatasi anak Anda dalam mengakses situs ini adalah sebuah tindakan yang tidak ada artinya. Cara yang paling sehat dalam memberikan trik berinternet yang baik adalah dengan memulai cara mengelola situs tersebut memanfaatkan konten filter Youtube yang fungsinya akan lebih membatasi konten dewasa. Caranya adalah, seperti fitur chanel subscriptions, playlist, and watch later yang memberikan Anda kontrol lebih leluasa terhadap tayangan yang anak lihat.


Semoga saja Anda sebagai orangtua lebih bisa bijak dan juga memahami arti dari sebuah dunia internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar