Senin, 21 Januari 2013

Apa SIh 10 Bagian Tubuh Yang Cepat Menua?

Sebenarnya tidak ada keterangan khusus yang membuktikan seseorang bisa tampil lebih tua sebelum waktunya. Meski begitu ciri-ciri penuaan yang paling awal bisa terjadi pada diri Anda melalui fisik. Sebenarnya sih, proses penuaan adalah hal yang wajar, namun bertambahnya umur tidak berarti Kita tidak bisa menghindari dari kurangnya kemampuan fisik. Tidak ada kata terlambat untuk sesuatu yang bersifat positif. Bahkan orang yang berumur 80 tahun yang semangat merubah hidupnya lebih aktif bisa memperoleh bonus usia sampai 6 tahun lagi.


Inilah 10 tubuh yang cepat menua dan fungsinya menjadi menurun sebelum waktunya


1.Mata

Untuk indera penglihatan ini (mata) sering sekali terlihat tampak lebih tua. Pada usia 40 tahun, banyak yang menyadari jika kini sangat sulit bagi mata untuk fokus pada sebuah objek dengan jarak yang sangat dekat. Semua ini disebabkan oleh presbyopia (pengerasan lensa mata). Bahkan untuk mengatasi masalah ini semua orang membutuhkan kacamata yang sesuai dengan kebutuhan mata.


2.Telinga

Masalah pendengaran memang salah faktor yang sangat menggangu kehidupan setiap orang. Kemampuan seseorang bisa mengalami penurunan yang sangat hebat di karenakan rambut-rambut kecil di bagian dalam telinga mengalami kerusakan dan bahkan juga tidak berfungsi (mati). Hal ini terjadi karena faktor usia.


3. Kulit Pada Bagian Leher

Kerutan di bagian leher bisa menunjukkan adalah usia Anda yang sebenarnya. Sayangnya, pemakaian berbagai krim perawatan kulit yang rutin Anda oleskan hanya sedikit  membantu karena leher memiliki kulit yang tipis dan sangat sensitif terhadap sinar matahari. Otot dan jaringan kulit di bagian  leher juga bisa lebih lemah sehingga menjadikan kulit leher lebih cepat keriput di bandingkan dengan kulit bagian lain.


4. Bagian Lutut Dan Paha

Sebenarnya untuk bagian lutut dan juga paha merupakan salah satu faktor yang paling sering di derita  untuk orang yang sudah lanjut usia. Hampir 80 persen usia tua memiliki penyakit sendi.


5. Perubahan Metabolisme

Metabolisme adalah cara Anda mengubah makanan menjadi energi dan kemudian membakar energi itu sebagai kalori, akan melambat. Ini adalah proses alami yang dimulai sekitar usia 30 tahun. Sejak saat itu tubuh Anda membakar energi sekitar 2-4 persen lebih lambat setiap 10 tahun. Makin sedikit kalori dibakar, makin banyak yang disimpan sebagai lemak, sehingga akibatnya berat badan semakin berat.


6.Memori Otak

Faktor penurunan daya ingat karena usia biasanya tidak akan menganggu produktivitas Anda. Mungkin  Anda hanya akan sering lupa di mana memasang kaca mata hingga perlu membuat daftar pekerjaan  yang perlu dilakukan lebih sering supaya tidak ada yang lupa.


7. Payudara

Pada usia sekitar 50 – 60, perbubahan hormonal beradaptasi dan mengurangi lemak yang ada di payudara sehingga salah satu kebanggaan Anda bisa terlihat mengecil. Faktor lainnya adalah elastisitas payidara menjadi berkurang (kendur).


8. Otot pelvis

Otot pelvis adalah jaringan otot dan ligamen yang menyangga uterus, kandung kemih, vagina, dan rektum. Jadi usia Anda semakin tua, makin kendur pula  otot pelvis tersebut. Gejalanya antara lain berkurangnya kemampuan menahan kemih (sering buang air kecil). Perlambat kondisi tersebut dengan rutin berlatih kegel.


9. Sisten pencernaan

sistem pencernaan yang menggagu pada usia ua adalah Perut kembung, sering buang angin, perut panas, mulas, diare, atau sembelit, menjadi sesuatu yang makin sering dialami oleh mereka yang berusia lanjut tanpa bisa di kontrol.

10. Tenaga

Banyak orang yang memasuki usia pertengahan mulai sering mengalami letih sehingga berpengaruh pada menurunnya produktivitas. Akan tetapi para ahli berpendapat bahwa menurunnya stamina sebenarnya bukan karena penuaan tapi pertanda bahwa tubuh kita kebanyakan sesuatu atau kekurangan sesuatu. Yang paling sering adalah kerja terlalu banyak, stres, atau tidak cukup istirahat, dan kurang istirahat adalah salah satu faktor tenaga seseorang itu berkurang.


Semoga Anda bisa lebih menyadari arti kesehatan untuk hidup yang lebih panjang, sehat dan bermafaat dalam menjaga penampilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar