Senin, 21 Januari 2013

4 Cara Praktis Atasi Flu Dan Batuk.

Penyakit flu dan batuk pasti banyak menimpa orang ketika cuaca tak menentu seperti sekarang ini. Memang sih batuk bukan satu penyakit yang tergolong dalam penyakit berat, namun flu dan batuk juga bisa sangat menggagu segala aktivitas Anda dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan.Obat abtuk dan flu banyak jenisnya sih, dari mulai yang sirup dan tablet. Namun karena banyaknya jenis obat batuk dan flu ini akhirnya membuat para penderita bingung untuk memilih obat yang pas dan cocok.


Tapi Anda tak perlu kwatir lagi akan salah dalam memilih obat batuk dan flu yang cocok, karena ada 4 cara praktis untuk mengatasi sakit batuk dan flu Anda.

1.Pemilihian Suppressant
Apabiala Anda sedang menderita sakit batuk, cari tahulah jenis batuk apa yang sedang Anda derita saat ini. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena langkah awal dalam memilih obat penting yang sangat cocok dan bekerja secara efektif. Jenis batuk yang apaling umum ada 2 jenis,  batuk kering dan juga batuk yang berdahak.

Untuk jenis batuk kering memerlukan obat batuk supperssant guna untuk memperkecil dorongan untuk aktivitas batuk. Sedangkan untuk pemilihan obat batuk berdahak, Anda hanya perlu memilih obat batuk okspetoran, karena obat batuk ekspetoran bisa melegakan dahak dan menyembuhkan batuk Anda.


2. Konsumsi makanan Pedas
Makanan seperti cabai, bawang putih dan lada hitam yang bersifat pedas dan hangat bisa memperkecil skala batuk Anda ketika menderita batuk dan flu. Makanan yang bersifat hangat dan pedas bisa membantu mengurangi lendir dalam tenggorokan sehingga membuat Anda lebih lepas untuk bernapas.  Hal lain yang bisa membantu membunuh bakteri berbahaya yang membuat penyakit flu dan batuk Anda berkurang adalah mengkonsumsi makanan pada suhu yang tinggi asalkan sesuai prosedur. Contoh minuman yang bisa meredakan sakit flu Anda adalah dengan meminum wedang jahe.


3. Makan buah dan sayuran
Sebenarnya makan buah dan sayuran yang segar tidak hanya untuk mencegah flu dan batuk saja, namun memakan sayuran dan buah-buahan sangat bagus untuk  untuk meningkatkan kekebalan sistem tubuh Anda. Memang sih ada beberapa jenis sayuran yang bisa memperparah sakit batuk dan flu Anda, namun semua itu tidak terlalu berdampak parah.



4.Menghisap Aroma terapi
Menghirup uap panas dengan wangi aroma terapi sangat praktis untuk Anda dilakukan dirumah. Hal ini berguna untuk meringankan hidung yang tersumbat selama sakit flu. Caranya sangat mudah, ambilah air panas, lalu tambahkan minyak kayu putih kedalam air panas tersebut.

Berikut ini ramuan dalam mengobati batuk dengan cara alami

Ambil 1 buah jeruk nipis, 3 gram bawang putih dan 2 sendok makan madu. Kemudian tumbuklah bawang putih, jeruk nipis diperas dan ambilah airnya terus aduk secara bersama bawang putih dan tambahkan 2 sendok makan air masak kemudian disaring. Hasil saringan dimasukan kedalam gelas, kemudian dicampur dengan madu dan setengah gelas air panas. Minumlah ramuan ini pada waktu siang dan sore hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar