Rabu, 01 Mei 2013

Lidah Perokok Bisa Mati Rasa

Apa yang Anda bayangkan jika lidah, sebagai salah satu panca indera yang seharusnya bisa mengecap rasa yang sudah tidak bkerja lagi? Tentunya Anda tidak maukan jika hal ini terjadi pada Anda. Namun menurut hasil sebuah penelitian, jika lidah para perokok beresiko mengalami penurunan kepekaan rasa pa lidah mereka. Benarkah demikian ?

Dalam penelitian ini di lakukan pada tentara Yunani yang berjumlah sekitar 62 orang,  penelitian ini di adakan oleh peneliti dari Aristotle University of Thessaloniki untuk mengetahui efek buruknya dari pengaruh rokok terhadap lidah mereka.

Dari hasil penelitia tersebut menunjukan hasil yang sangat membuat kita miris akibat damapak dari rokok, hasil tesebut adalah jika lidah seorang pecandu rokok bisa dengan cepat merasakan dampak lidah yang  rasanya lebih hambar. Studi banding yang di keluarkan oleh jurnal BMC Ear. Nose and Throat Disorders menyebutkan jika efek dari rokok bisa mematikan kemampuan merasa dan lidah seseorang yang suka merokok.

Pavlidis Pavlos yang bertugas sebagai ketua dari penelitian ini memakai stimulasi elektrik untuk melakukan tes yang di sebut dengan threshold untuk mengukur tingkat kepekaan lidah, khususnya pada bagian papila lidahnya. Hasil statistik terdapat perbedaan yang sangat  jauh, antara pecandu rokok dan yang bukan perokok. Perbedaannya bisa meliputi ukuran papila dan pembuluh darah. Inilah keterangan yang di keluarkan Pavlos.

Dengan adanya kekuatan elektrik yang di berikan pada lidah. Normalnya seseorang akan meraskan adanya kejutan metalik dan memberikan respons terkejut. Seberapa cepatkah respons terhadap kejutan itukah yang dijadikan tolak ukur sensitivitas dan kepekaan lidah seseorang peneliti.

Namun bagi mereka yang memiliki lidah normal pun akan langsung bereaksi dan mencoba menghindari dari sengatan elektrik yang diberikan. Namun ternyata, para peroko bereaksi lebih lambat di bandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Sebanyak 28 perokok pun mempunyai skor yang sangat jelek dan rendah di banding dengan 34 orang lainnya yang tidak merokok.

Pavlos pun menemukan hasil bahwa perokok memiliki paila-papila lidah yang datar dengan pembuluh darah yang kecil. Kesimpulan dari hasil tersebut yaitu nikotin yang menyebabkan perubahan morfologis dan fungsional dari pasa papila lidah. Tentunya mereka yang sudah cukup umur (dewasa).

Tidak mau lidah Anda mati rasa ? berhentilah untuk merokok dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar