Kamis, 24 Januari 2013

Penyakit Yang Menyerang Ketika Banjir

Jangan aneh jika banjir selalu mengahtui masyarakat di kota maupun di kampung. Hal ini di sebakan oleh tingkah laku manusia yang tak henti menggunduli hutan yang asri tanpa memikirkan akibatnya. Dengan pembangunan yang meraja rela mulai dari, perkantoran, industri dan gedung pencakar langit yang semakin banyak akhirnya menyebabkan sistem drainase yang buruk.

Contohnya Jakarta saat ini, karena pola masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan dan sistem drainase yang  jelek akhirnya membuat Jakarta menjadi kota langganan banjir. Pasti Anda membayangkan tersiksanya warga Jakarta yang sedang terendam banjir. Banjir yang tengah dialami Jakarta ini bisa menimbulkataan resiko kesehatan masyarakat, khusunya anak-anak dan orang yang lanjut usia. Maka tak heran jiak warga yang terkena banjir pasti kondisi tubuhnya menjadi lemah dan bahkan juga bisa mengganggu mental mereka (stres).

Penyakit yang sering menyerang ketika banjir adalah, diare, muntaber, dan juga pastinya alergi (gatal-gatal). Penyakit lain yang bisa menimpa warga saat banjir adalah inpeksi saluran pernapasan akut. Ispa menyerang karena virus, bakteri, dan mikroba. Batuk dan juga demam merupakan salah satu gejala ispa, apabila sudah parah para penderita ispa bisa mengalami sesak napas dan juga rasa nyeri pada dadanya.

Berkumpulnya  banyak orang seperti di tempat pengungsian seperti korban banjir bisa membuat penyakit ispa ini mudah menyebar. Jika di tempat Anda sedang banjr jangan pernah mencoba untuk bermain, karena bisa jadi Anda mengidap penyakit leptosirosis. Penyakit ini di timbulkan oleh kotoran dan kencing tikus. Harus Anda catat, penyakit leptosirosis bisa masuk lebih dalam ketubuh Anda.

Tahukah Anda, jika dalam segala macam bencana yang paling rentan terkena gangguan kesehatan dan juga gangguan mental adalah anak-anak serta orang lanjut usia. Suasana pengungsian yang tidak layak huni karena penuh, sesak, dan gaduh bisa membuat anak-anak tidak nyaman, mudah terserang penyakit dan gangguan pada mentalnya. Bahkan orang dewasa juga mudah terserang penyakit jika terjebak dalam sebuah bencana alam.

Maka tak heran jika dalam sebuah bencana yang paling di utamakan adalah anak-anak. Kondisi yang tidak nyaman pada anak kecil di gambarkan dengan sifat rewel mereka. Untuk menunjang kondis warga yang sedang dalam benca adalah persediaan makanan, minuman, selimut, baju serta obat-obatan. Dipengungsian, stres pada orang yang lanjut usia bisa memicu tekanan darahnya menjadi labil hingga mengundang gangguan jantung dan stroke. Kondisi ini diperparah dengan cadangan air bersih yang sangat minim hingga memicu dehidrdasi.

Maka disetiap pengungsian, para orang yang lanjut usia mendapatkan penjagaan khusus karena memiliki penyakit degeneratif, seperti tekanan darah tinggi, jantung, diabetes dan reumatik. Penyakit lain yang menyerang ketika banjir lain adalah “stres, hal ini disebabkan oleh faktor lingkungan sehingga fisik tidak terkontrol dan berubah secara tiba-tiba bisa memperburuk penyakit apa saja yang di deritanya.

Mulainya merubah diri sendiri untuk lingkungan yang sehat, bersih, sejuk dan pastinya tidak akan banjir. Maka semuanya berawal dari diri Anda dengan hal kecil dengan manfaat yang sangat besar ( jangan membuang sampah sembarangan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar