Sabtu, 16 Februari 2013

Atasi Kecanduan Rokok Dengan makanan Antioksidan

Rokok adalah salah satu faktor terbesar dalam penyakit kanker. Hasil penelitian membuktikan, jika 90 persen  para pencandu rokok mempunyai keinginan untuk berhenti dari merokoknya dan mengatas kecanduan akibat dari nikkotin. Namun bukan hal aneh lagi jika cara untuk berhenti dari kebiasaan ini sangatlah susah dan banyak sekali rintangannya.

Mungkin Anda para pencinta tembakau sudah tahu akan bahaya yang d timbulkan dari bahayanya seperti merusak paru-paru, mengganggu waktu tidur dan bahkan berdampak buruk bagi kesehatan mental si perkok itu sendiri. Namun Anda gak usah kwatir lagi, karena beberapa makan yang mempunyai zat antioksidan mampu menghindari  dan menghentikan kebiasaan merokok.

Perlu Anda ketahui, ketika asap rokok di hisap nikotin pun ikut masuk ke dalam tubuh dan membentuk radikal bebas yang berakibat kepada gejala stres oksidatf ata di sebut juga dengan kerusakan sel pada otak. Radikal bebas adalah sejumlah atom yang mengandung elektron yang ganjil dan terbentuk ketika oksigen berinteraksi dengan molekul tertentu.

Cara keja radikal bebas ini sangat tidak terkontrol dan berdampak pada reaksi berantai untuk menstabilkan diri, tetapi masalah ini dapat menimbulkan kerusakan sel dalam tubuh dan membran sel manusia. Dan yang lebih parahnya lagi, hal di atas bisa menyebakan kematian sel yang mengarah tumbuhnya masalah kesehatan.

Untuk berhenti merokok Anda hanya perlu mengatasi masalah kerusakan tersebut untuk langkah awal, yaitu dengan cara diet anti oksidan. Antioksida adalah sebuah molekul yang sangat aman dalam berkomunikasi dengan radikal bebas dan mnghentikan reaksi berantai sebelum masuk lebih dalam merusak sel tubuh. 

Mikronutrien seperti vtamin, selenium, beta-karoten dan tembaga adalah beberapa nutrisi yang bersifat akti oksidan. Jadi karena itulah, antioksidan dapat mengobati tubuh dari efek buruk rokok. Radikal bebas yang tidak terkontrol terjadi akibat radiasi nikotin, dan antioksidan lah yang dapat mengembalikan radikal bebas dalam posisi normal.

Hal ini di nyatakn berdasarkan hasil penelitian para ilmuwan dari University Of Rochester yang mencoba mengetahui potensi antioksidan dalam memprbaiki stres oksidatif karena radikal bebas. Hasil riset ini mengeluarkan pendapat, jika memprbaiki kerusakan akibat nikotin, bisa membuat tubuh lebih fit dan bisa menghalau efek kecanduan nikotin.

Untuk menerapkan manfaat dari hasil riset tersebut, maka Sya akan memberi jalan berhenti merokok dengan mkan yang mengandung antioksidan:

1. Kacang
Untuk urusan kacang ini sih banayak jenis dan juga manfaatnya loh, namun jenis kacang yang paling banyak kandungan anti oksidannya adalah kacang merah dan kacang hitam yang mengandung 8 jenis Flavomoid. Bahakn para ahli kesehatan memberikan saran, agar mengkonsmsi kacang hitam dan kacang merah ini setidaknya 1 kali dalam 1 minggu.

2. Tomat
Tomat sangatlah akrab dengan vitamin C, namun  yang paling penting adalah tomat mempunyai kadar likofen yang sangat tinggi yang bisa meningkat 4 kali lipat apabila tidak melalui proses di panggang atapun di goreng.

3.   
Brokoli
Sayuran ini memiliki memang banyak manfaat dan juga kandungan vitamin C, A, serat dan fitokimia yang bersifat antioksidan.

4. Blueberi
Mungin di antara Anda ada yang tidak tahu, jika dalam blueberi ini adalah salah satu sumber terkaya antioksidan yang sangat baik untuk kulit dan tubuh manusia. Jadi bagi Anda para pencandu rokok, konsumsilah buah blueberi ini untuk mengusir efek berbahaya dari rokok. 

Selamat mencoba dan mulailah hidup Anda tanpa asap rokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar