Rabu, 09 September 2015

Cacar Air ? Obati Dengan Asam Kawak

Sayur yang kita konsimsi setiap harinya kebanyakan di bumbui dengan asam jawa agar rasanya menjadi nikmat. Memang sih buas asam sering di gunakan untuk penyedap berbagai masakan. Tapi ada loh kegunaan lainnya, contohnnya dengan di seduh menjadi wedang asam ataupun di buat menjadi manisan.

Namun kali ni kita akan membahas asam jawa dari segi kesehatan,ada banyak jenis penyakit yang bisa di sembuhkan dengan  buah asam ini. Asam jawa yang bisa di buat bisa berupa buah asam saja bahkan sampai dengan yang di ramu. Mungkin di antara Anda ada yang tidak tahu kalau asam jawa mempunyai kata lain yaitu kurma dari India. Sebenarnya sih asam jawa berasal dari Afrika Timur, namun penyebaran pohon yang satu ini meluas hingga bebrapa negara di Asean. Di India sendiri di beri nama Tamar Hindi yang berarti kurma dari ndia.

Pohon asam jawa ini juga punya manfaat lain, hampir tidak ada bagian pohon yang terbuang sia-sia. Coba Anda perhatikan, daun asam jawa yang masih muda di manfaatkan oleh ibu-ibu untuk bumbu masakan dan di seduh dengan air panas dan gula menjadi wedang asam yang rasanya pasti segar. Batang pohon asam jawa yang sudah tua juga cukup keras sehinga banyak di manfaatkan untuk berbagai perkakas rumah tanggi buah asam, sesuai dengan namanya yang sangat asam sekali. Buah asam ini banyak memiliki asam tatrat, asam sitrat, asam malat dan berbagai vitamin terutama vitamin C.

Selain di gunakan untuk bumbu berbagai masakan maupun sambal-sambalan, juga sering di gunakan untuk ramuan obat tradisional. Buah asam yang sudah tua dan matang dapat diawetkan agar bisa tahan lama. Buah asam yang di awetkan sering di sebut asam kawak.

Cara membuat asam kawak adalah sebagai berikut :

1. Asam yang sudah matang di kuliti dan di jemur selama 2-3 hari.
2. Setelah itu biji asam jawa ini di buang, sehingga tinggal daging tulangnya.
3. Asama jawa yang sudah di jemur di bubuhi dengan garam dan gula merah dan di kukus selama setengah jam.

Agar asam kawak yang Anda buat awet, simpan di tempat kering dan sekali sekali di jemur. Anda tahu gak, asam jawa yang di buat menjadi asam kawak sangat banyak manfaatnya untuk mengobati berbagai penyakit di antaranya adalah mengobati bisul.

Cara mengobati bisul dengan asam kawal adalah asam kawak di campur dengan irisan tamu lawak, gula jawa dan air, direbus, disaring, didinginkan dan minum secara teratur. Sedangkan cara untuk mengobati sariawan dengan asam kawak ni adalah di seduh dengan air panas dan bubuhi sedikit gula merah. Agar rasanya mantap, minumlah pada saat masih hangat.

 Sebenarnya penyakit cacar air, bengkak, eksim, dan encok sebagiaanya sering di obati dengan ramuan yang antara lain terbuat dari asam jawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar