Selasa, 08 September 2015

Menurunkan Kadar Kolesterol Dengan 6 Langkah Mudah

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah kadar kolesterol yang tinggi, bahkan penyakit lain juga bisa datang jika seseorang mempinyai kadar kolesterol yang yang tinggi. Tentu saja Anda ga mau terlambat melakukan upaya pencegahan dengan menurunkan kadar kolesterolnya. Namun Kali ini gak perlu kwatir lagi, karena saya akan berbagi tips cara mudah menurunkan kolesterol dengan mudah bisa Anda terapakan di rumah. Inilah 10 langkahnya mudahnya :

1. Rajin Konsumsi suplemen herbal
Beberapa survei telah di lakukan pada banyak pasien tentang khasiat mengkonsumsi suplemen herbal dapat membantu para penderia dalam menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung secara maksimal. Ekstrak daun artichoke, beras merah dan the hijau merupakan salah satu suplemen alami.

Hal ini di perkuat dengan hasil penelitian yang di kemukakan oleh Univesitas Redding, jika dalam ekstrak daun artichoke bisa mengurangi kolesterol jahat sampai 28 % setelah mengkonsumsi 1.280 setiap harinya. Rajinlah mengkonsumsi beras merah sebanyak 2,4 gram dlam satu hari, karena bisa membantu menurunkan kolesterol LDL sebesar 29 %. Sedangkan the hijau bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta kolesterol meningkatkan HDL dengan minimal mengkonsumsi 2 – 3cangkir dlam satu harinya.

2. Pola mkan yang sehat
Untuk Anda yang memilik kolesterol yang tinggi, sebaiknya mulailah merubah pola makan yang bisa menurunkan kadar kolesterol Anda. Caranya dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, ikan, dan susu rendah lemak, lemah kalori, bebas lemak jenuh serta kolesterol. Alangkah baiknya Anda mengurangi makan daging, karena hal ini juga salah sau factor untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

3. Makan yang mengandung banyak serat
Konsumsi mkanan yang banayk mengandung serat larut bisa mengikat kolesterol dalam saluran usus dan mengeluarkannya dari tubuh Anda. Kandungan serat larut bisa di ambil dari gandum, buah plum dan kacang – kacangan. Cobalah penuhi kebutuhan serat 25-30 gram dalam satu harinya atau dengan makan 6-11 porsi buah serta sayuran.

4. Hindari konsumsi makanan yang mengandung phytochemical
Sebaiknya bagi Anda yang ingin memiliki jantung sehat harus menghindari pitosterol yang terdapat dalam minyak jagung dan juga kedelai karena bisa memblokir penyerapan kolesterol. Walaupun makan tersebut baik, tapi Anda jangan terlalu banyak mengkonsumsinya cukup ,3 gram saja dalm satu harinya.


5. Olahraga
Sebuah penelitian telah di lakukan pada tahun 2009 kepada 8.000 orang, bahwa orang yang rajin berolahraga rungan dengan meluangkan waktu selama 30 menit dalam beberapa hari seminggu terbukti bisa menurunkan trigliserida dan mampu meningkatkan HDL.

6. Hindari stress
Salah satu penyumbang segala penyakit adalah rasa stres yang tidak bisa di bendung, bahkan jika seseorang mampu menghindari stresnya bisa mempunyai tingkat HDL yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar